Wednesday, March 18, 2020

Pentingnya Kamus dan Kosakata dalam Belajar Bahasa Arab

Pentingnya Kamus dan Kosakata dalam Belajar Bahasa Arab

Selamat datang kembali para pembaca yang ganteng, cantik dan yang belum cantik (semakin "tebalnya" dompet, kecantikan atau ketampanan bisa bertambah). Setelah kalian mengetahui kelebihan dan kekurangan belajar lewat kursus versus otodidak, sekarang saatnya kita membongkar seberapa pentingkah kamus dalam belajar bahasa (dalam hal ini kamus bahasa Arab-Indonesia atau Indonesia-Arab).

Sebagaimana kita semua ketahui, bahasa itu memiliki beberapa komponen penting yang menyusunnya. Dua komponen besar dari bahasa yaitu Kosakata dan Tata bahasa atau grammar. Kosakata merupakan kumpulan kata atau frase yang mewakili suatu benda, sifat, atau suatu perbuatan atau pekerjaan. Sementara itu, tata bahasa adalah aturan-aturan atau ketentuan atau kaidah yang telah disepakati untuk menyusun kata atau kalimat agar bisa dipahami. Selain itu tata bahasa juga menyediakan pola suatu kata sehingga bahasa tersebut bisa menerima kata baru maupun kata serapan dari bahasa lain.

Karena tata bahasa dan kosakata merupakan komponen vital dari semua bahasa, bahkan termasuk bahasa isyarat, kosakata dan tata bahasa saling memerlukan satu sama lain. Tanpa kosakata, grammar atau kaidah bahasa tidak bisa dipakai dan tidak berguna. Sebab, tanpa kata orang tidak bisa ngomong atau berkomunikasi, cuma diem tanpa bahasa. Orang yang bisu saja pasti berkomunikasi dengan seember isyarat yang dipahami oleh mereka. Kosakata tanpa grammar atau aturan bahasa, bagaikan negara tanpa pemimpin, semua akan menjadi kacau dan berantakan.

Kosakata biasanya dikumpulkan, dicatat, dan dikemas dalam bentuk kamus. Hal ini memudahkan kita mencari suatu kata tertentu tanpa harus membaca satu per satu dari awal sampai akhir, yang pastinya melelahkan. Kamus merupakan referensi bahasa semua orang, termasuk guru bahasa juga masih memerlukan kamus. Sebab, selain tidak mudah bagi kita benar-benar menguasai ratusan ribu kata di kamus, kita sebagai manusia juga sering lupa. Oleh karena itu keberadaan kamus sangatlah penting untuk semua orang, terutama guru dan pelajar bahasa.

Seberapa pentingkah kamus bagi pelajar bahasa yang benar-benar pemula atau absolute beginner? Meskipun kamus memainkan peranan vital dalam belajar bahasa, menurut saya para pelajar yang sangat baru belum terlalu memerlukannya. Bagi mereka cukup dengan menghafal daftar beberapa puluh atau beberapa ratus kosakata dasar, atau kosakata yang paling sering dipakai dalam kesehariannya. Kemudian dengan ratusan kata tersebut, kita mengulang-ulang dengan mempraktekkannya menggunakan grammar yang sederhana. Hal ini akan menjadi fondasi dasar yang sangat kuat, seperti halnya anak-anak atau balita yang sedang belajar ngomong. Fondasi dasar berupa kosakata harian dan tata bahasa simple membuat kita lebih mudah dan lebih cepat menghafal kosakata baru.

Jadi, kalian yang benar-benar pemula dalam bahasa arab bisa menghafal daftar beberapa puluh kosakata dan mengulang-ulang dengan kalimat sederhana. Jika kalian sudah punya hafalan lumayan, kalian bisa langsung memakai kamus baik buku cetak atau aplikasi kamus untuk hp atau smartphone Android kalian.

Ngomong soal kamus bahasa Arab, salah satu kamus bahasa Arab-Indonesia yang terkenal ialah kamus Al-Munawwir. Kamus ini terkenal sekali di kalangan ustadz, santri dan pelajar bahasa Arab (tapi saya belum punya). Saya masih menggunakan kamus Arab-English versi Android yang sudah entah berapa taun aku simpan di hp. Banyak sekali kamus bahasa Arab di playstore, tetapi kamus inilah sejauh ini yang paling aku sukai. Meskipun punya banyak kekurangan, tetapi punya kelebihan juga yaitu: kosakatanya sangat banyak (mungkin terbanyak dibandingkan kamus Android yang lain yang pernah saya donlod), dilengkapi dengan game pilihan ganda untuk mengetes kosakata yang telah kita pelajari, dll. Bagi pemula, kamus ini susah dipahami.

Kamus bahasa Arab-English versi pdf yang sangat terkenal dan sangat saya anjurkan yaitu kamus Arab-Inggris karangan Hans Wehr. Kamus ini mengandung table of contents menggunakan huruf arab yang bisa kita gunakan untuk mencari kata dasar dalam bahasa Arab. Dari kata dasar itu kita bisa mengetahui derivatif atau turunannya. Sangat bagus untuk memperkaya kosakata dengan cepat. Kalian bisa mencari kamus Arab-English Hans Wehr di playstore (apk) atau di google (pdf).

Saya kira tulisan saya terlalu panjang, nih. Cukup sekian gansis. Semoga tulisan ini membantu kalian. Intinya hafalkan dan biasakan puluhan kosakata dasar, kemudian kalau sudah kuat, perkaya kosakata dengan banyak membuka kamus.




No comments:

Post a Comment

Silahkan kalian berkomentar dengan sopan, komentar kalian berguna untuk kemajuan blog ini