Saturday, August 8, 2020

Ma'a dan 'Inda dan Contoh pemakaiannya dalam kalimat

Ma'a dan 'Inda dan Contoh pemakaiannya dalam kalimat

Apa kabar, saudara-saudara semua? Semoga masih sehat sehingga bisa memperbanyak amal kebaikan. Kalian yang baru menemukan blog ini, semoga mendapatkan hal-hal yang bermanfaat. Saya asumsikan kalian "terdampar" di blog ini tentulah dalam rangka belajar bahasa Arab entah pemula atau sebelumnya sudah pernah ikut pelajaran bahasa Arab tapi kurang paham, masih banyak sesuatu yang mengganjal di pikiran. Pada kesempatan yang panas ini saya akan menulis sedikit (karena baru tahu sedikit) tentang pemakaian kata MA'A dan 'INDA dalam kalimat.

Apa arti ma'a dan 'indaa dalam bahasa Indonesia? Ma'a dan 'indaa bisa diartikan "bersama" atau "dengan" tetapi bukan dengan seperti huruf jarr "bi", melainkan kebersamaan. Kata 'indaa juga bisa digunakan untuk menyatakan kepemilikan. Ma'a artinya bersama atau dengan (with) tanpa batasan tempat, berbeda dengan 'inda.

Contoh:
- al-mudarrisu dzahaba ilaa maktabil mudiiri (الْمُدَرِّسُ ذَهَبَ إِلَى مَكْتَبِ الْمُدِيْرِ), huwa 'inda al-mudiiri al-aana (هُوَ عِنْدَ الْمُدِيْرِ الْآنَ)
pak guru pergi ke kantor kepala sekolah, dan sekarang dia berada bersama pak kepala sekolah.
Jadi 'inda di atas memiliki arti bersama di kediaman pak kepsek baik di kantor, rumah, dll. Sedangkan ma'a artinya bisa di mana saja tanpa ada batasan tempat.
Contoh:
- al mudarrisu ma'al mudiiri (الْمُدَرِّسُ مَعَ الْمُدِيْرِ)
di contoh ini pak guru bisa bersama pak kepsek di mana saja, mungkin di jalan atau di mana tidak harus di kediaman pak kepsek.
- saya berbicara bahasa Arab dengan Mahmud
atakallamu al-'arobiyyata ma'a mahmuudin (أَتَكَلَّمُ الْعَرَبِيَّةَ مَعَ مَحْمُوْدٍ)
- Zaid duduk bersama Ali
yajlisu zaidun ma'a 'aliyyin (يَجْلِسُ زَيْدٌ مَعَ عَلِيٍّ)

Pada contoh di atas, isim yang mengikuti kata ma'a atau 'indaa selalu majrur berharokat akhir kasroh (ma'a al-mudiiri, 'inda al-mudiiri, ma'a mahmuudin, ma'a 'aliyyin). Bagaimana kita mengatakan "bersamaku, bersamamu, bersamanya, dll? Kita tinggal menambahkan dhomir muttashil ke kata ma'a tersebut, seperti berikut ini.
- bersamaku: ma'a + ii -> ma'ii (مَعِيْ)
- bersamamu (laki-laki): ma'a + ka -> ma'aka (مَعَكَ)
- bersama dia (laki-laki): ma'a + hu -> ma'ahu (مَعَهُ)
- bersama kami: ma'a + naa -> ma'anaa (مَعَنَا)
- bersama kalian: ma'a + kum -> ma'akum (مَعَكُمْ)
- dll.

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, kata 'inda bisa digunakan untuk menyatakan "memiliki, punya", hal ini pernah saya tulis di pelajaran bahasa Arab yang ada di blog ini. Jika kita memakai 'inda untuk menyatakan "punya" kita tidak boleh menggunakan untuk anggota badan atau kerabat.
- Saya punya dua tangan
'indii yadaani (عِنْدِيْ يَدَانِ), salah! harusnya memakai lii yadaani (لِيْ يَدَانِ)
- Saya punya dua saudara laki-laki
'indii akhowaani (عِنْدِيْ أَخَوَانِ), salah! harusnya lii akhowaani (لِِيْ أَخَوَانِ)
- Saya punya empat mobil
'indii arba'u sayyaarootin (عِنْدِيْ أَرْبَعُ سَيَّارَاتٍ), benar karena mobil bukan anggota badan dan bukan kerabat. kita juga bisa memakai lii arba'u sayyaarootin (لِيْ أَرْبَعُ سَيَّارَاتٍ)
- Dia (perempuan) punya mobil bagus
'indahaa sayyaarotun jamiilatun (عِنْدَهَا سَيَّارَةٌ جَمِيْلَةٌ) atau lahaa sayyaarotun jamiilatun (لَهَا سَيَّارَةٌ جَمِيْلَةٌ)
- Mereka punya rumah besar
'indahum baitun kabiirun (عِنْدَهُمْ بَيْتٌ كَبِيْرٌ)

Sekian tentang pemakaian kata ma'a dan 'indaa, semoga bisa dipahami. Jika apa yang saya tulis salah, silahkan diperbaiki lewat comment. Thanks

No comments:

Post a Comment

Silahkan kalian berkomentar dengan sopan, komentar kalian berguna untuk kemajuan blog ini