Saturday, August 8, 2020

Penggunaan kata AYYU dalam bahasa Arab dan contohnya

Penggunaan kata tanya AYYU dalam bahasa Arab dan contohnya

Bagaimana kabar kalian hari ini, teman-teman sekalian? Semoga saja dalam keadaan sehat sehingga masih semangat untuk belajar bahasa Arab dasar di sini. Meskipun belajar bahasa lewat website, blog, atau lewat video tidaklah seefektif belajar secara langsung berhadapan dengan guru seperti di les atau kursus atau di pondok pesantren, tidak ada salahnya kita tetap belajar memanfaatkan media internet.

Belajar otodidak di internet baik di blog, ebook, atau youtube minimal bisa mempermudah kita memahami dasar-dasar bahasa Arab sebelum kalian belajar langsung kepada seorang guru. Apalagi jika kalian belajar di internet secara bersungguh-sungguh atau kerja super keras, tentu hasilnya bisa menyamai belajar lewat kursus atau les. Tetapi, kendala belajar sendiri yaitu rasa malas yang kadang bisa membuat kita ngdrop dan berhenti belajar, tidak ada yang memotivasi. Oleh karena itu, mulai dari sekarang kita bulatkan tekad, guys, untuk belajar dengan sungguh-sungguh (tidak setengah-setengah) meski baru belajar sendiri. Katakan kepada diri kalian "Aku harus bisa!!!", dan jangan berhenti sampai tercapai tujuan kalian.

Pada pelajaran bahasa Arab kali ini kita akan mengenal kata tanya "ayyu". Kata ayyu bisa diterjemahkan sebagai "yang mana", dan digunakan untuk bertanya. Umumnya kata tanya dalam bahasa Arab termasuk isim mabniy atau akhirannya tidak mengalami perubahan (i'rob), seperti kata Aina (dimana), Kaifa (bagaimana), Kam (berapa), Maa (apa), Man (Siapa), Mataa (kapan), dll. Ayyu berbeda dari itu semua, ia merupakan isim mu'rob yang bisa berubah harokat akhirnya sesuai posisinya dalam kalimat.

Pada dasarnya kata ayyu adalah marfu (berakhir dhommah), jika sebagai objek dari kata kerja, ia menjadi AYYA atau manshub, jika mengikuti huruf jarr, ia majrur menjadi AYYI. Perlu diingat, teman-teman, isim yang mengikuti kata AYYU harus majrur. Berikut ini contoh-contohnya.
Contoh:
- Yang mana rumahmu, wahai Ahmad?
Ayyu baitin baituka, yaa Ahmadu?
(أَيُّ بَيْتٍ بَيْتُكَ، يَا أَحْمَدُ؟)

- Buku yang mana yang telah kamu baca, wahai Zaid?
Ayya kitaabin qoro'ta yaa Zaid?
(أَيَّ كِتَابٍ قَرَأْتَ، يَا زَيْدُ؟)

- di desa mana kamu tinggal wahai ustadz?
Fii ayyi qoryatin taskunu, yaa ustaadz?
(فِيْ أَيِّ قَرْيَةٍ تَسْكُنُ ، يَا أُسْتَاذُ؟)

Pada contoh nomor 1 di atas, Ayyu dalam keadaan asalnya yaitu marfu (AYYU). Pada contoh no.2 ayyu merupakan objek dari kata kerja qoro'ta sehingga manshub (AYYA). Pada contoh no.3 kata ayyu mengikuti huruf jarr fii sehingga majrur (AYYI). Kata baitin, kitaabin dan qoryatin beri'rob jarr seperti mudhof ilaihi, asalnya adalah baitun, kitaabun dan qoryatun. Jadi, isim yang mengikuti kata ayyu ayya atau ayyi harus majrur.

Demikianlah sedikit tentang kata Ayyu dan contoh-contohnya dalam kalimat. Semoga kalian bisa memahami. Jika kalian telah mempelajari pelajaran sebelumnya, insya Allah mudah untuk memahami pelajaran ini dan yang lainnya. Tips belajar bahasa Arab yaitu sering-seringlah membuka kamus bahasa Arab (baik Arab-Indonesia atau Arab-Inggris) untuk memperkuat kosakata. Jika belum punya kamus, donlod saja di playstore atau beli di toko online. Thanks

No comments:

Post a Comment

Silahkan kalian berkomentar dengan sopan, komentar kalian berguna untuk kemajuan blog ini