Thursday, June 18, 2020

Belajar Bahasa Arab Dasar: Isim Isyarah Lil Qarib (Kata Tunjuk Dekat)

Belajar Bahasa Arab Dasar: Isim Isyarah Lil Qarib (Kata Tunjuk Dekat)

Setelah sebelumnya kita mengenal huruf arab dan kalimah, sekarang kita ke pelajaran bahasa Arab selanjutnya yaitu tentang kata tunjuk yang biasa disebut isim isyarah dalam bahasa Arab. Bagi kalian yang pernah belajar bahasa Arab dasar atau pun kursus bahasa Arab, istilah tersebut tentu sudah tidak asing lagi di telinga. Isim isyarah adalah kata yang digunakan untuk menunjuk orang atau sesuatu. Mungkin kalian pernah bertanya apa bahasa arab ini, itu, dll. Di sini kita akan membahasnya. Isim isyaroh dalam bahasa Inggris disebut demonstrative pronoun.

Seperti isim yang lain dalam bahasa Arab, isim isyaroh juga memiliki jenis, ada yang mudzakkar dan ada juga yang muannats. Isim isyarah lil mudzakkar yaitu kata tunjuk yang digunakan untuk menunjuk seorang laki-laki atau hewan jantan atau sesuatu benda yang dianggap laki-laki oleh orang arab. Kebalikannya, isim isyarah lil muannats adalah kata tunjuk untuk seorang perempuan, hewan dan benda yang dianggap perempuan.

Isim isyarah untuk laki-laki tunggal (satu orang) yang dekat adalah haadzaa (هَذَا), untuk menunjuk 2 orang laki-laki tinggal tambahkan alif dan nun alias hadzaani (هَذَانِ) atau ya dan nun alias haadzaini (هَذَيْنِ). Untuk 3 orang pria atau lebih kita menggunakan haaulaai (هٰؤُلَاءِ). Untuk seorang perempuan kita memakai haadzihi (هَذِهِ), untuk menunjuk dua orang kita menggunakan haataani (هَاتَانِ) atau haataini (هَاتَيْنِ). Untuk tiga perempuan sama dengan laki-laki yaitu menggunakan haa-u-laa-i (هَؤُلَاءِ). Itulah isim isyarah untuk menunjuk sesuatu yang dekat dengan kita atau dalam bahasa indonesia adalah INI, dalam bahasa inggris adalah THIS.

Contoh pemakaian isim isyarah ini di dalam kalimat:
- haadzaa rojulun ( هَذَا رَجُلٌ ): ini seorang laki-laki: this is a man
- Haadzaani rojulaani (هَذَانِ رَجُلَانِ): ini dua orang laki-laki: these two are men
- haaulaai rijaalun (هَؤُلَاءِ رِجَالٌ): ini para laki-laki: these are men
- Haadzaa baitun (هَذَا بَيْتٌ): ini sebuah rumah: this is a house
- Haadzaani baitaani (هَذَانِ بَيْتَانِ): ini (adalah) dua buah rumah: these two are houses
- Haadzaa diikun (هَذَا دِيْكٌ): ini ayam jago: this is a rooster

Haadzaa adalah kata tunjuk untuk laki-laki (rojulun), hewan jantan (diikun), dan benda yang dianggap laki-laki (baitun). Bentuk dual (mutsanna) dari haadzaa adalah haadzaani (هَذَانِ), bentuk jamaknya haa-u-laa-i (هَؤُلَاءِ).
Kata haadzaani adalah subject yang menunjukkan dua orang, maka predikatnya (rojulun) juga harus dual yaitu dengan menambah -aani menjadi rojulaani.
Kata haaulaai pada contoh terakhir artinya ini untuk menunjuk banyak orang (3 orang atau lebih), maka predikatnya juga jamak dari rojulun menjadi rijaalun.

- haadzihi muslimatun ( هَذِهِ مُسْلِمَةٌ ): ini seorang wanita muslim
- haataani muslimataani (هَاتَانِ مُسْلِمَتَانِ): ini dua orang wanita muslim (dua orang ini adalah wanita muslim)
- haaulaai muslimaatun (هَؤُلَاءِ مُسْلِمَاتٌ): ini adalah para wanita muslim
- haadzihi naafidzatun (هَذِهِ نَافِذَةٌ): ini sebuah jendela
- haataani naafidzataani (هَاتَانِ نَافِذَتَانِ): ini dua jendela

Seorang wanita pastilah berjenis perempuan atau muannats sehingga kita memakai haadzihi bukan haadzaa.
Kata haataani di contoh ini adalah bentuk dual (mutsanna) dari haadzihi sehingga predikatnya (muslimatun) kita ubah menjadi dual dengan menambah -aani menjadi muslimataani (مُسْلِمَتَانِ).
Kata haaulaai bentuk jamak maka predikat harus ikut jamak dengan menambah -aatun menjadi muslimaatun (مُسْلِمَاتٌ).

Demikianlah isim isyaroh untuk menunjuk seseorang atau sesuatu yang dekat (isim isyarah lil qorib) beserta contohnya baik dalam bentuk tunggal, dual, maupun jamak. Selanjutnya kalian baca tentang isim isyaroh lil ba'id atau untuk menunjuk seseorang yang jauh. Untuk meningkatkan jumlah kosakata bahasa Arab, saya anjurkan kalian punya kamus bahasa Arab Indonesia, bisa aplikasi kamus atau kamus yang beli di toko buku. Zaman sekarang buku bisa beli secara online, guys. Thanks

No comments:

Post a Comment

Silahkan kalian berkomentar dengan sopan, komentar kalian berguna untuk kemajuan blog ini