Saturday, June 20, 2020

Cara Download Video Youtube Hemat Kuota

Cara Download Video Youtube Hemat Kuota

Youtube merupakan salah satu media tempat orang berbagi video. Sebenarnya banyak tempat lain yang menyediakan upload dan download video selain youtube. Akan tetapi, youtube lah yang paling terkenal. Berbagai jenis video atau film ada di youtube: ada video ceramah berbagai ustadz dan da'i, video film-film klasik, video tutorial, video edukasi, hiburan, berita dan masih banyak yang lainnya. Karena banyaknya video yang ingin kita donlod, kita perlu aplikasi nonton youtube hemat kuota terutama jika duit atau kuota kita pas-pasan. Untuk memenuhi hal itu, Google telah membuat aplikasi resmi yaitu Youtube Go. Kali ini saya akan berbagi cara download video youtube hemat kuota dengan aplikasi youtube go tersebut.

Youtube Go merupakan aplikasi yang ringan dan kecil ukurannya. Dibandingkan dengan aplikasi Youtube bawaan yang ada di ponsel kalian, Youtube Go memiliki kelebihan baik dari segi kesederhanaan UI-nya (tampilan halaman) maupun dari pilihan ukuran atau resolusi videonya. Di youtube bawaan hanya ada dua pilihan size video yaitu kecil 144pixel dan besar 360p. Di aplikasi Youtube Go, kalian bisa memilih 3 pilihan download: data saver, standard quality, dan high quality. Ukuran datasaver adalah ukuran terkecil (mungkin sama dengan 144p). Video dengan ukuran ini gambar menjadi kurang jernih ketika ditonton secara landscape (horizontal). Akan tetapi bagi yang kuota internetnya minim dan mepet, ukuran seperti ini lumayan buat ditonton secara portrait. Jika kurang jelas gambarnya, kalian bisa memilih yang ukuran standar.

Selain tampilan youtube go ini simple dan mudah dipakai oleh newbie, pilihan atau pengaturan ukuran video juga terletak di bawah setiap video yang akan kalian tonton. Jadi, tidak perlu bolak balik ke menu Setting seperti di aplikasi Youtube bawaan. Hal ini sangat memudahkan kita memilih ukuran video yang berbeda untuk tiap video yang akan kita lihat. Ketika nonton video di youtube go ini, dengan men-tap (menyentuh) layar, akan muncul pengaturan kecepatan pemutaran video atau film; ada yang slow, normal atau fast. Kalian juga bisa mengaktifkan caption video (subtitle) jika tersedia. Dengan caption atau subtitle kalian bisa menonton video berbahasa Inggris atau bahasa lain sambil membaca tulisannya.

Selain bisa untuk nonton video secara live, youtube go adalah aplikasi untuk mendownload video di youtube sah milik Google beda dengan yang lain. Lalu bagaimana cara download video di youtube go? Pertama download Youtube Go dulu di Playstore, kemudian install. Nanti akan terhubung ke akun Google kalian. Setelah itu kalian bisa melihat tampilan depan lengkap dengan kotak pencarian di bagian atas. Kotak pencarian ini mendukung search suggestion juga sehingga ketika kalian mengetik video yang kalian cari, youtube go akan menampilkan kata yang mungkin relevan dengan apa yang kita cari. Di Setting (icon akun google mu di pojok kanan atas), kita bisa menentukan lokasi penyimpanan video yang akan didonlod, apakah di memori hp atau di memory external alias SD Card. Kalau memori hp mu limit, pilih saja di SD Card.

Sekarang kalian langsung praktekin cara download di youtube go ini. Masukkan video yang kalian cari di kotak pencarian: misal nama video nya "pohon pisang aneh, keluar di tengah".

cara menonton video youtube hemat kuota

Setelah itu muncul daftar video yang kalian cari seperti di bawah ini. Klik thumbnail video yang kalian pilih.

cara download video di youtube go

Setelah itu akan muncul di bawah tiap video pilihan ukuran dari video tersebut, klik untuk memilih hemat data (data saver), standard quality, atau high quality.

cara download di youtube go

Kalau pilihan high quality nya nggak ada seperti pada gambar, berarti memang pemilik video mengupload video ukuran 360p bukan 720p.

aplikasi nonton youtube hemat kuota

Oleh karena itu jika kalian seorang youtuber mau upload video ke channel youtube kalian, pilih upload dengan ukuran besar (misal: 720p) bukan ukuran menengah (360p) sehingga muncul pilihan high quality di youtube go. Kadang kita kan ingin nonton video high quality kalau kuota internet kita banyak bergiga-giga byte.

Karena youtube go ini memang simple, tidak semua fitur youtube ada di sini. Misalnya kita tidak bisa mengupload video ke channel kita lewat youtube go, gunakan aplikasi Youtube bawaan untuk upload video. Di youtube go kita bisa mencari video dengan menulis nama channelnya misal : "Syarifudin Deen". Namun kita belum bisa comment and like video di youtube go versi ini (nggak tau versi terbaru nanti). Di sini kita bisa klik Subscribe, Share, dan lihat jumlah views total serta jumlah subscriber dari suatu channel dan melihat daftar video yang ada di channel tersebut.

Saya kira sudah terlalu panjang tulisan saya tentang Youtube Go ini. Kesimpulannya, youtube go merupakan aplikasi nonton youtube hemat kuota sekaligus sebagai aplikasi untuk mendownload video dari youtube yang pas untuk Anda yang irit kuota atau kuota minim. Semoga bermanfaat, Thanks.

No comments:

Post a Comment

Silahkan kalian berkomentar dengan sopan, komentar kalian berguna untuk kemajuan blog ini