Thursday, July 23, 2020

Cara mencari kata kunci (riset keyword) untuk blog

Cara mencari kata kunci atau riset keyword untuk blog

Membuat blog semua orang bisa melakukannya, akan tetapi membuat blog yang bisa mendatangkan banyak pengunjung tidak semua orang bisa. Apalagi membuat blog yang bisa menghssilkan pundi-pundi harta, sedikit orang yang bisa meskipun kita sering mendengar kisah para blogger yang sukses yang bisa menghasilkan pendapatan puluhan juta dari blog bahkan bisa sampai ratusan juta. Mereka blogger sukses tersebut tentu sangat keras kerjanya dan sudah lama berkecimpung di dunia blogging, dan jumlah blog mereka tentu lebih dari satu.

Saya sudah membuat blog ini kurang lebih tiga tahun yang lalu di tahun 2017, sampai sekarang belum banyak pengunjung. Sehari paling cuma dua atau tiga orang, bahkan sering nol pengunjung. Jumlah posting blog saya sudah lumayan banyak. sekitar 35 tapi sedikit yang tampil di halaman Google. Mungkin karena saya tidak promosi atau share blog post di media sosial dan tidak mencari backlink, padahal itu semua sangat penting buat blog. Meskipun demikian saya tetap berusaha terus membuat postingan dengan melakukan riset keyword sederhana.

Riset keyword adalah proses mencari kata kunci yang akan kita jadikan ke judul blog atau isi blog. Bagi pemilik PC atau laptop tentu gampang tinggal memasang plugin tertentu di browsernya, tetapi bagi pengguna hp atau smartphone Android tentu perlu cara lain. Ada banyak sekali website yang bisa digunakan untuk mencari keyword blog, kalian bisa cari di Google "free keyword research tool" online. Dari berbagai web riset keyword yang pernah saya gunakan, sekarang saya biasa memakai "ahrefs.com" karena keyword tool gratisan inilah yang menyertakan jumlah rata-rata pencarian per bulan.

Ahrefs ini bisa dipakai berbayar sehingga semua fitur bisa dibuka dan bisa menampilkan semua kata kunci atau keyword yang kalian cari. Akan tetapi, versi gratis atau free juga bisa menampilkan jumlah pencarian meskipun tidak sebanyak versi berbayar, oleh karena ini lah saya memakainya untuk mencari kata kunci blog atau video youtube yang pencariannya banyak atau lumayan. Tidak setiap keyword yang kalian gunakan banyak pencarinya, oleh karena itu perlu riset keyword dulu (lebih baik usaha daripada tidak sama sekali).

Sebenarnya untuk riset keyword blog dan mencari jumlah pencarinya, kita bisa memakai Google Keyword Planner secara gratis. Dengan GKP ini kita bisa mendapatkan ribuan kata kunci lengkap dengan volume per bulan, dan kita bisa mengecek langsung sepuluh keyword utama untuk mendapat ratusan atau ribuan keyword turunan atau longtail keyword. Namun, jumlah pencarian yang ditampilkan di GKP versi gratis hanyalah kisaran bukan rata-rata per bulan, misal kata kunci xyz pencarian per bulan 10-100 atau 100-1000, dst. Kalau di ahrefs kita mendapat rata-rata per bulan dengan angka tertentu misal: 150, 1k, atau 24k. Tentu angka di ahrefs lebih jelas dan bisa kita ambil.

Bagaimana cara mencari kata kunci atau riset keyword gratis di Ahrefs? Berikut ini caranya.
1.Pertama kalian ketik "ahrefs keyword tool" di Google search, nanti akan muncul website "https://ahrefs.com/.." silahkan klik.
2.Setelah loading web selesai, geser ke bawah ada pilihan Google, Bing, Youtube dan Amazon. Pilih Google jika kalian ingin mencari kata kunci untuk blog atau pilih Youtube jika ingin mencari kata kunci untuk membuat video youtube.

cara mencari keyword atau kata kunci buat blog

3.Di kotak pencarian, masukkan kata kunci kalian (sebisa mungkin jangan terlalu panjang kata kuncinya sekitar 1 sampai 5 kata agar mencukupi untuk ditampilkan). Kalau kata kunci terlalu panjang biasanya jumlah turunan atau variasi menjadi sedikit sehingga tidak ditampilkan di versi gratisan ini.
4.Di kotak bawahnya, pilih negara Indonesia (secara default negara United States).
5.Klik search, muncul kotak CAPTCHA. Centang gambar di CAPTCHA yang sesuai dengan kata di atasnya. Saya sering gagal meskipun sudah berkali-kali, tetapi coba terus. Kalau berhasil tulisan "verify" di bawah gambar captcha menjadi agak buram (not focused), lihat ke bawah kalau-kalau daftar kata kunci sudah muncul. Klik di layar sembarang, jangan klik verify lagi.
6.Setelah daftar kata kunci muncul, kalian bisa memilih atau mengcopas semua keyword tersebut.

cara riset keyword blog

7.Info: saya sering gagal dalam mencentang atau mengisi Captcha, guys. Tetapi, coba terus sampai bisa!

Sekian cara riset keyword blog di ahrefs dari saya. Semoga bermanfaat dan bisa mendatangkan banyak pengunjung ke blog kalian dan juga blog saya. Kalian bisa membaca tip-tips lain yang mungkin sedang kalian cari di blog ini, guys. Thanks

Ulat terbesar dan terindah yang pernah kulihat, panjang 12cm, WOW !

1 comment:

Silahkan kalian berkomentar dengan sopan, komentar kalian berguna untuk kemajuan blog ini