Sunday, August 9, 2020

Bagaimana cara menanyakan berapa dalam bahasa Arab?

Bagaimana cara menanyakan berapa dalam bahasa Arab?

Bagaimana kabarnya para pelajar yang ganteng maupun yang cantik. Masihkah kalian semangat untuk belajar bahasa Arab dasar ini? Jika masih mari kita lanjutkan dengan pelajaran yang simple dan ringan ini. Jika semangatnya turun, silahkan cari motivasi dulu atau baca tentang pentingnya belajar bahasa Arab. Yang jelas jika kalian bisa berbahasa Arab atau bahasa lain, sementara teman kalian nggak bisa, bisa menjadi nilai plus bagi kalian. Apalagi jika kalian ingin mendapatkan hati seorang cewek sholehah.

Di pelajaran ringan ini saya akan menyuguhkan suatu kata dalam bahasa Arab yang digunakan untuk menanyakan jumlah atau "berapa", misal kalian bertanya: berapa rumahmu? berapa mobilmu? Dalam bahasa Arab kita menggunakan kata tanya KAM (كَمْ) diikuti isim mufrod manshub (isim tunggal berharokat akhir fathah). Perhatikan dan pikirkan contoh-contoh di bawah ini.

Contoh pemakaian KAM dalam kalimat:
- berapa buku yang kamu punya?
kam kitaaban laka? (كَمْ كِتَابًا لَكَ؟)
-- saya punya dua buku
lii kitaabaani (لِيْ كِتَابَانِ) or 'indii kitaabaani (عِنْدِيْ كِتَابَانِ)
- berapa mobil kamu?
kam sayyaarotan 'indaka? (كَمْ سَيَّارَةً عِنْدَكَ؟)
-- saya punya satu mobil
'indii sayyaarotun waahidatun (عِنْدِيْ سَيَّارَةٌ وَاحِدَةٌ)
- berapa saudara perempuanmu?
kam ukhtan laka? (كَمْ أُخْتًا لَكَ؟)
-- saya punya tiga saudara perempuan
Lii tsalaatsu akhowaatin (لِيْ ثَلَاثُ أَخَوَاتٍ)
- berapa anak mu?
kam waladan laki? (كَمْ وَلَدًا لَكِ؟)
-- saya punya 7 anak
Lii sab'atu aulaadin (لِيْ سَبْعَةُ أَوْلَادٍ)

Ada beberapa kata tanya yang lain yang digunakan baik dalam bahasa kita maupun bahasa Arab. Kalian bisa membaca tentang Kata tanya dalam bahasa Arab sehingga kalian punya "bayangan" jika kalian seorang pemula dalam bahasa Arab.

Sekian dulu pelajaran ringan tentang kam, yaitu kata bahasa Arab untuk menanyakan "berapa". Semoga pelajaran ringan ini bisa membuat kalian tetap semangat dalam belajar bahasa, terutama bahasa Arab. Jika belum semangat, cukup simpan dulu halaman ini di browser kalian atau bookmark blog ini. Thanks

No comments:

Post a Comment

Silahkan kalian berkomentar dengan sopan, komentar kalian berguna untuk kemajuan blog ini