Tuesday, August 25, 2020

Kata kerja lampau (fi'il madhiy) dan tashrif atau konjugasinya

Kata kerja lampau (fi'il madhiy) dalam bahasa Arab dan tasrifnya

Hello, teman-teman semua. Kalian tentu sudah mengenal dua jenis kalimat dalam bahasa Arab, yaitu: jumlah ismiyyah dan jumlah fi'liyyah. Apa itu jumlah ismiyah dan fi'liyah? Dari namanya saja ketahuan kalau jumlah ismiyah adalah kalimat yang diawali dengan isim, sedangkan jumlah fi'liyah ialah kalimat yang diawali dengan kata kerja. Kata kerja dalam bahasa Arab ada tiga yaitu fi'il madhi, fi'il mudhori', dan fi'il amr. Kata kerja bahasa Arab yang akan kita bahasa adalah fi'il madhiy "kataba" dan tashrifnya (konjugasi) dengan berbagai pelaku.

Fi'il madhiy atau kata kerja lampau adalah jenis kata kerja dalam bahasa Arab yang dipakai untuk menyatakan suatu perbuatan atau kejadian yang telah terjadi. Ada beberapa pola atau rumus untuk kata kerja lampau, paling tidak kalian hafal 10 pola yang biasa digunakan di buku, kitab atau dalam percakapan bahasa Arab sehari-hari. Berikut ini 10 pola atau anggap saja rumus praktis fi'il madhy (kiri) beserta fi'il mudhorinya (kanan) dalam bahasa Arab.

  1. Fa'ala, Fa'ila, Fa'ula -- Yaf'alu, Yaf'ilu, Yaf'ulu
  2. Fa''ala -- Yufa''ilu
  3. Faa'ala -- Yufaa'ilu
  4. Af'ala -- Yuf'ilu
  5. Tafa''ala -- Yatafa''alu
  6. Tafaa'ala -- Yatafaa'alu
  7. Infa'ala -- Yanfa'ilu
  8. Ifta'ala -- Yafta'ilu
  9. If'alla -- Yaf'allu
  10. Istaf'ala -- Yastaf'ilu

Pada kesempatan kali ini saya hanya akan memberikan contoh tasrif atau konjugasi kata kerja lampau "KATABA" karena fi'il ini sering banget dijadikan contoh di berbagai website tempat belajar bahasa Arab. Untuk fi'il mudhorinya tidak saya bahas sekarang (semoga kapan-kapan bisa), begitu juga dengan tashrif atau konjugasi untuk 9 kata kerja di atas.

Belajar itu pahami dan biasakan dulu yang sederhana, jangan tergesa-gesa ingin mempelajari semua dalam waktu singkat. Kalau terburu-buru, bisa berakhir putus asa (karena belum paham dasar) bahkan bisa gagal dan berhenti belajar bahasa Arab atau bahasa lainnya.

Tashrif atau konjugasi fi'il madhiy KATABA (كَتَبَ). Kataba bisa kita artikan "menulis" atau arti sebenarnya yaitu "dia (laki-laki) telah menulis".

  • kataba (كَتَبَ), dia (laki-laki) telah menulis
  • katabaa (كَتَبَا), mereka (2laki-laki) telah menulis
  • katabuu (كَتَبُوْا), mereka (3laki-laki atau lebih) telah menulis
  • katabat (كَتَبَتْ), dia (perempuan) telah menulis
  • katabataa (كَتَبَتَا), mereka (2perempuan) telah menulis
  • katabna (كَتَبْنَ), mereka (3perempuan atau lebih) telah menulis

  • katabta (كَتَبْتَ), kamu (laki-laki) sudah menulis
  • katabtumaa (كَتَبْتُمَا), kalian (2laki-laki) sudah menulis
  • katabtum (كَتَبْتُمْ), kalian (3laki-laki atau lebih) sudah menulis
  • katabti (كَتَبْتِ), kamu (perempuan) sudah menulis
  • katabtumaa (كَتَبْتُمَا), kalian (2perempuan) telah menulis
  • katabtunna (كَتَبْتُنَّ), kalian (3perempuan atau lebih) telah menulis

  • katabtu (كَتَبْتُ), aku (laki-laki/perempuan) telah menulis
  • katabnaa (كَتَبْنَا), kami (laki-laki/perempuan) telah menulis

Kata kerja untuk "kalian" dua orang laki-laki atau perempuan memakai KATABTUMAA. Penulisan katabtu, katabta dan katabti sama jika tanpa harokat. Cara membedakannya yaitu dengan melihat konteks kalimat. Perhatikan perbedaan antara katabna (كَتَبْنَ) dan katabnaa (كَتَبْنَا). Kalian bisa menambahkan akhiran seperti di atas untuk kata kerja bahasa Arab yang terdiri dari 3 huruf, contoh: qoroa (membaca), jalasa (duduk), sami'a (mendengar). Contoh: - qoro'a (قَرَأَ): dia (laki-laki) telah membaca qoro'tu (قَرَأْتُ), qoro'ta (قَرَأْتَ), qoro'naa (قَرَأْنَا), qoro'at (قَرَأَتْ), dll - jalasa (جَلَسَ): dia (laki-laki) telah duduk jalastu (جَلَسْتُ): aku duduk jalasta (جَلَسْتَ), jalasuu (جَلَسُوْا), jalasat (جَلَسَتْ), dll - sami'a (سَمِعَ): dia (laki-laki) telah mendengar sami'tu (سَمِعْتُ): aku telah mendengar sami'naa (سَمِعْنَا): kami telah mendengar, dll

Demikianlah sedikit contoh tasrif atau konjugasi fi'il madhi "KATABA" dengan berbagai pelaku. Jika kalian bisa memahami dan mengulang tasrif kataba di atas tanpa nyontek, insya Allah kalian akan mudah memahami tasrif 9 jenis kata kerja yang lainnya. Selamat belajar, semoga berhasil.

No comments:

Post a Comment

Silahkan kalian berkomentar dengan sopan, komentar kalian berguna untuk kemajuan blog ini